Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018 dan Harga Februari 2019

Setelah sebelumnya saya membuat artikel tentang harga dan spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018, nah pada artikel ini Cekspek.com akan mengulas saudaranya, ya artikel ini tentang review spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018, yang tidak lain dan tidak bukan adalah versi yang lebih tingi dari A8 2018.

Seperti yang sudah saya katakan pada artikel sebelumnya, keduanya antara A8 dengan A8+ hanya memiliki perbedaan pada beberapa sisi saja. Tentu Samsung Galaxy A8+ lebih unggul ya, soalnya ini versi plusnya, tapi yang membuat tidak masuk akal adalah range harganya yang terpaut hampir 2 jutaan.

Woww, apa sih perbedaan keduanya yang membuat si A8+ ini bisa memiliki harga hampir 2 juta lebih mahal, apa saja keunggulannya? Oke daripada berlama-lama langsung saja simak ulasan berikut ini.

Untuk mempermudah sobat, saya sudah membuat daftar isi, silahkan klik untuk lompat ke bagian yang sobat inginkan.

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018 Lengkap

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018

(table id=43 /)

Nah itu dia spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018, nah sobat sudah tahukan perbedaan antara Samsung Galaxy A8 2018 dengan Samsung Galaxy A8 Plus 2018 ini? Oke bagi yang tidak tahu aku beri tahu sedikit ya.

Jadi keduanya sebenarnya sama, hanya saja ukuran layar, dimensi, bobot, ukuran RAM dan internal, serta kapasitas baterai A8 Plus 2018 lebih besar, selebihnya semuanya sama persis, dapur pacunya sama, kameranya sama cuma beda dibagian itu saja.

Nah lantas mengapa ya harganya berbeda cukup jauh yaitu hampir 2 jutaan? Kalau saya ya jika punya budget 8 jutaan, mending sekalian beli yang flagship sekalian yaitu Samsung Galaxy S8 yang tidak jauh berbeda harganya.

Review Samsung Galaxy A8 Plus 2018 Semua Sisi

Review Samsung Galaxy A8 Plus 2018

#Sektor Desain

Untuk bagian desain Samsung Galaxy A8 Plus 2018 saya rasa tidak ada yang berbeda dengan Galaxy A8 2018, hanya berbeda pada ukuran layar dimana di Galaxy A8+ ini memiliki bentang layar 6.0 inches dengan dimensi 159.9 x 75.7 x 8.3 mm dengan berat 190 gram. Lebih besar dan berat dibandingkan A8 biasa.

Untuk bagian bodi, bahannya dominan kaca dan pada bagian samping-sampingnya terbuat dari aluminium, seperti A8 sebelumnya. Dan juga dipaket pembelian sobat akan mendapatkan hardcase untuk melindungi hpnya agar tetap kece.

Untuk bagian depan sendiri sobat tidak akan menemukan capacitive button karena A8+ ini mengusung infinity display, jadi tombol-tombolnya berada di dalam layar, sedangkan untuk bagian depan atas sobat akan menjumpai dual camera, LED notification, sensor proximity, earpiece dan ambient sensor.

Untuk menambah kesan estetika, pada bagian depan semua variannya memiliki warna hitam. Oh ya berbicara tentang warna, Samsung Galaxy A8 Plus 2018 ini tersedia dalam 4 varian, yaitu Black, Gold, Orchid Gray, dan Gold. Saya sendiri kalau suruh milih ya mending yang hitam aja, karena terlihat elegan gitu.

Kita berlanjut ke bagian belakang, jadi dibagian belakang sobat akan menemukan kamera, LED flash, dan sensor sidik jari, penempatannya sama persis dengan Samsung Galaxy A8 2018 biasa. Kamera berada ditengah atas, LED flash disebelah kanannya dan sensor sidik jari dibawah kamera. Sobat juga akan menemukan logo Samsung seperti biasa.

Oke berlanjut ke bagian atas, terdapat microphone dan SIM Tray. Untuk sd-cardnya sendiri dedicated slot ya, jadi ini bukan hybrid. Pada slot atas ini untuk SIM card 2 dan Micro-SD.

Nah selanjutnya beralih ke bagian kiri dimana terdapat Slot SIM card 1 dan juga tombol volume. Untuk bagian kiri terdapat tombol power dan lubang speaker yang peletakannya anti-mainstream. Ya menurut saya peletakan lubang speaker disebelah kanan ini cukup cerdas ya karena tidak akan ketutupan ketika main game atau nonton film.

Dibagian bawah sobat akan menemukan lubang jack, microphone, dan USB yang sudah type C.

Intinya untuk bagian desain ini tidak ada perbedaan antara yang versi A8 2018 biasa dengan versi A8 Plus 2018 ini, perbedaan hanya pada ukuran dimensi, layar, dan bobot saja. Desainnya keren dan cakep, kekinian deh pokoknya.

#Sektor Layar

Untuk bagian layar Samsung Galaxy A8 Plus 2018 ini seperti yang sudah saya sebut sebelumnya, layarnya sudah mengusung infinity display dengan ukuran layar 6.0 inches dan aspek rasio 18.5:9. Layarnya super guedee dengan resolusi Full HD + Super Amoled capacitive touchscreen, 16M colors. Jadi nonton film, main game-game dengan grafik tinggi sangat nyaman di smartphone ini.

Untuk bagian layarnya ini tidak ada perbedaan antara Samsung Galaxy A8 2018 dengan Samsung Galaxy A8 Plus 2018, sama-sama cakep dan kekinian deh pokoknya.

#Sektor Performa

Next ke bagian performanya, seperti yang sudah sobat lihat pada spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018 diatas, untuk bagian dapur pacu tidak ada perbedaan antara A8 biasa dengan A8 Plus ini.

Sama-sama dibekali dengan dapur pacu Exynos 7885 dengan processor Octa-Core (2×2,2 GHz Cortex-A73 & 6×1,6 GHz Cortex-A53). Oh ya bagi yang belum tahu, jadi Exynos 7885 ini setara dengan Snapdragon 660. Sedangkan untuk mesalah pengolahan grafis, Samsung A8 2018 ini dihandel oleh Mali-G71.

Untuk menajalankan berbagai kerja, Samsung Galaxy A8 Plus 2018 ini dibekali dengan RAM sebesar 6GB dengan internal storage sebesar 64GB. Jadi untuk kebut-kebutan sudah tidak perlu diragukan lagi deh. Performa di A8 versi biasa saja sudah sangat-sangat baik, apalagi yang versi Plus ini. Namun yang disayangkan adalah harganya.

Sistem operasinya masih berjalan di Android 7.1.1 (Nougat), apakah mendapat update ke Oreo? Saya kurang tahu ya tapi mungkin kedepannya mendapat kesempatan untuk menjajal Oreo pada smartphone ini.

Banyak kustomisasi yang dapat kita lakukan contohnya mengganti letak tombol capacitive, mengatur display layar, dan banyak lagi deh. Berjalan di UI Samsung Experience yang menurut saya sangat bagus, tampilannya fresh banget.

Tidak hanya itu, terdapat gesture yang bisa kita gunakan untuk membuka kamera secara cepat dan melihat notifikasi dilayar, caranya dengan membuat gesture tertentu di sensor sidik jarinya.

Ada juga fitur face unlock, yang kinerjanya cukup bagus walau tidak secepat sidik jari. Selain itu ada juga fitur split screen dimana memungkinkan kita untuk menjalankan 2 aplikasi sekaligus dalam 1 layar.

Tidak lupa terdapat Bixsby Assistant, yang tidak tahu apa itu Bixsby jadi itu kayak Google Now atau Siri di iPhone. Bixsby ini sudah dapat mencari informasi suatu objek dengan cara memfotonya. Oh ya keunggulan lain dari Samsung Galaxy A8 Plus 2018 ini adalah water & dust resistant.

Selain itu, peletakan tombol disebalah kanan menurut saya sangat cerdas dan sepertinya ini hal baru yang dilakukan oleh Samsung. Mungkin kedepannya akan banyak brand yang meniru penempatan speaker ini.

Overall untuk bagian performa sangat baik dan bisa dikatakan lebih baik dari Samsung Galaxy A8 2018 biasa, ditambah kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 3500mAh membuatnya kinerjanya menjadi sangat baik.

Oh ya hampir lupa, untuk sensor sendiri cukup lengkap ya, untuk detailnya silahkan cek lagi tabel spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018 diatas 🙂

#Sektor Kamera

Sektor kamera tidak ada perbedaan ya antara yang A8 versi biasa dengan A8 versi plus ini. Spesifikasinya sama dan saya yakin hasilnya juga sama.

Untuk review bagian kamera ini, saya mengambil data dari channel Youtube luar negeri yaitu TechLineHD, jadi ini bukan menurut saya ya. Untuk lebih lengkapnya silahkan cek video dibawah ini ya.

Jadi intinya, kamera depan dan belakang hasil gambarnya cukup memuaskan dan bisa dikatakan sangat baik, terutama untuk kamera depannya yang dual camera itu. Cocok untuk kamu yang hobi selfie.

Oh ya jika kamu hobi selfie dan punya budget hanya 5 jutaan, sobat bisa memilih Oppo F5 saja, untuk penjelasan lengkapnya silahkan klik review dan Spesifikasi Oppo F5 dan F5+

Intinya untuk hasil kameranya sama persis dengan yang versi A8 biasa, jadi untuk yang ingin tahu detail lengkapnya silahkan klik Review Kamera Samsung Galaxy A8+ 2018.

Harga Samsung Galaxy A8 Plus 2018

Harga Samsung Galaxy A8 Plus 2018

Selanjutnya bagian harga, banyak yang bilang overprice, benarkah? Silahkan simak berikut ini. Dengan spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018 diatas, menurut sobat dengan harga yang tertera dibawah ini kira-kira layak untuk dibeli atau tidak?

(table id=44 /)

Kalau sobat bertanya kepada saya sih mending saya milih yang versi A8 biasa saja, selain harganya yang lebih murah, spesifikasinya juga tidak jauh berbeda, processornya aja sama. Tapi jika memang punya budget 8 jutaan, mending saya ambil sekalian yang Samsung Galaxy S8, tapi semua kembali kepada sobat sih, jadi dengan spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018 diatas layak dibeli kah dengan harga segitu?

Untuk harga terbarunya sobat bisa cek di lazada melalui link berikut Harga Samsung Galaxy A8 Plus 2018 Lazada

Kesimpulan

Oke kita berada dipenghujung artikel, nah pada bagian ini saya akan memberikan ringkasan berupa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A8 Plus 2018 untuk meyakinkan sobat untuk membeli atau tidak membeli smartphone ini. Silahkan cek tabel dibawah ini.

(table id=45 /)

Sekian artikel dari saya tentang spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018, semoga bermanfaat ya dan menurut sobat, dengan harga Samsung Galaxy A8 Plus 2018 diatas layakkah untuk dibeli? Tulis dikolom komentar ya sob, terima kasih 🙂

Leave a Reply