Spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018 dan Harga Mei 2018

Siapa sih yang tidak kenal brand yang satu ini? Ya kebanyakan orang sudah mengetahuinya. Samsung memang menjadi salah satu brand smartphone terbesar didunia, hal ini karena produk-produknya yang dikenal cukup bagus. Nah kali ini saya akan berbagi informasi spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018 dan harganya untuk sobat semua.

Oh ya btw ini artikel pertama cekspek.com yang mengulas brand Samsung ya, dan untuk yang pertama ini saya akan membahas spesifikasi Samsung A8 2018, salah satu produk teranyar Samsung diawal tahun 2018 ini. Seperti apa spesifikasi dan harganya? Silahkan simak sampai akhir artikel ya šŸ™‚

Sedikit informasi, Samsung Galaxy A8 ini tergolong smartphone yang ditujukan untuk kelas menengah atas, hal itu bisa diketahui lewat harga yang dibandrol oleh Samsung yaitu diangka 6 jutaan. Untuk harga pastinya silahkan cek akhir artikel ini ya.

Oh ya, untuk seri Samsung Galaxy A8 2018 ini dibagi menjadi 2 versi ya, yaitu versi yang kita bahas ini dan juga versi plus yang memiliki range harga terpaut cukup besar yaitu 2 jutaan, nah apa perbedaan spesifikasi Samsung A8 2018 dan Samsung A8 2018 plus? nanti ya, sabar sob heheheh.

Oke tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja kita mulai pembahasan kita mengenai spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018, check this out…

Untuk mempermudah saya sudah menyediakan daftar isi dibawah ini, silahkan diklik bagian yang ingin sobat ketahui.

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018 Lengkap

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018

Dimensi, Berat & Warna
Tinggi149,2 mm
Lebar70,6 mm
Berat172 gram
Ketipisan8,4 mm
WarnaBlack, orchid grey, gold, blue
Dapur Pacu
ChipsetExynos 7885
CPUOcta-core (2x2,2 GHz Cortex-A73 & 6x1,6 GHz Cortex-A53)
OSAndroid 7.1.1 (Nougat)
GPUMali-G71
Penyimpanan
RAM4 GB
Internal32 GB
EksternalUp to 256GB
Kamera
Kamera Belakang (Rear Camera)16 MP, f/1.7, phase detection autofocus, LED flash
Kamera Depan (Front Camera)Dual 16MP + 8 MP, f/1.9, 1080p
FlashLED Flash
Video1.080p@30fps
Baterai
TipeNon-removable Li-Ion 3000 mAh
Jaringan
Tipe SIM CardDual Nano-SIM Cards
GPSAda
NFCAda
Layar
TipeSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Luas5.6 inches
Resolusi1080 x 2220 pixels, 18.5:9 ratio (~441 ppi density)
PelindungCorning Gorilla Glass (unspecified version)
Data
Kecepatan-
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, EDR, LE
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
OTGBisa
NFCAda
Audio
Fitur ringtonesVibration, MP3, WAV
Jack3.5 mm Jack Audio
LoudspeakerYa
Sensor
AccelerometerAda
ProximityAda
GyroscopeAda
CompassAda
FingerprintAda
Light SensorAda
BarometerAda
Facial UnlockAda
Lainnya
BrowserHTML5
Dalam Box
Samsung Galaxy A8 2018
Kabel USB
Kepala Charger
SIM ejector tool
Earphone
Hardcase
Buku Panduan dan Kartu Garansi
Spesifikasi Smartphone Samsung Terbaru Lainnya

Nah itu dia spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018, nah jadi untuk yang masih penasaran perbedaan antara Galaxy A8 dengan Galaxy A8+, saya kasih bocoran sedikit.

Jadi untuk yang versi plus, RAMnya sebesar 6GB dengan internal storage 64GB, ukuran layarnya 6 inches dan kapasitas baterainya 3500mAh. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silahkan cek link berikut Spesifikasi Samsung Galaxy A8+ 2018 Lengkap.

Oke kita lanjut menuju ke review Samsung Galaxy A8 2018 ini, berikut ini penjelasannya.

Review Samsung Galaxy A8 2018 Semua Sektor

Review Samsung Galaxy A8 2018

#Sektor Desain

Nah karena kita melihat sesuatu pertama dari fisiknya, maka kita bahas terlebih dahulu desain Samsung Galaxy A8 2018Ā  ini.

Jadi jika sobat melihat secara sekilas, desainnya ini mengingatkan kita pada smartphone flagship Samsung sebelumnya yaitu Samsung Galaxy S8. Mirip sekali jika dilihat bagian depannya, namun tidak sama persis ya, ada beberapa perbedaan, terutama pada bagian belakang yaitu peletakan fingerprint sensor atau sensor sidik jari.

Nah kita bahas satu-satu ya tentang desainnya. Jadi Samsung Galaxy A8 2018 ini sudah infinity display dengan as[ek rasionya 18.5:9, nah untuk lebih jelasnya akan kita bahas pada sektor layar nanti. Jadi layarnya terasa lebih gede karena bazelnya sangat tipis. Untuk dimensinya yaituĀ 149.2 x 70.6 x 8.4 mm dan beratnya 172 gram.

Untuk bodinya sendiri bahannya kaca dan aluminium seperti pada Samsung Galaxy S8, dan pada paket pembelian sobat akan mendapatkan hard case yang tentunya berguna banget karena kita tidak perlu beli lagi.

Pada bagian depan layar, sobat tidak akan menjumpai tombol capacitive ya karena layarnya infinity display, jadi tombol-tombolnya sudah terbenam didalam layarnya. Pada bagian depan atas sobat akan menemukan dual camera, LED notification, earpiece, sensor proximity dan ambient sensor.

Nah mengingat adanya banyak sensor pada bagian depan atas ini, maka Samsung akhirnya memutuskan untuk membuat bagian depan semuanya berwarna hitam untuk semua varian yang ada. Oh ya btw jika bertanya tentang pilihan warna, Samsung Galaxy A8 2018 tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu Black, Gold, Blue, dan Orchid Grey.

Saya pribadi lebih suka yang warna merah ya, karena terlihat mewah dan elegan. Keren deh pokoknya.

Untuk bagian belakang sobat akan menemukan kamera dan disebelah kanan kamera ada LED flash. Untuk sensor sidik jari letaknya berada dibawah kamera ya, berbeda dengan Galaxy S8 yang letaknya berada disamping kanan kamera. Dan seperti biasa tidak ketinggalan logo Samsung dibawahnya.

Nah kita lanjut ke bagian atas, terdapat SIM tray yang mana slot Micro-SDnya dedicated slot ya, jadi bukan Hybrid. Untuk slot SIM yang satunya terletak disebelah kiri. Terdapat juga microphone pada bagian atas ini.

Pada bagian kanan terdapat tombol power dan speaker grill. Posisinya menurut saya pas ya, jadi saat main game seperti Mobile Legend, speakernya tidak akan ketutupan. Untuk bagian kiri terdapat tombol volume dan juga slot SIM 1. Untuk bagian bawah terdapat lubang jack, microphone dan usb yang sudah type C.

Intinya pada sektor desainnya cukup kekinian ya, walaupun bukan flagship tapi terlihat jelas kalau smartphone ini sangat premium. Cocok untuk kamu yang suka akan estetika dan punya budget yang mendukung heheheh.

#Sektor Layar

Untuk bagian layar Samsung Galaxy A8 2018 ini seperti yang saya katakan tadi mengusung infinity display dengan ukuran layar 5.6 inches dan aspek rasio 18.5:9. Layarnya guedee, dan sudah beresolusi full HD+. Jadi untuk nonton film atau main game-game HD mantep deh pokoknya.

Oh ya layarnya ini betipe Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors yang mana menjadi super amoled terbaik ya karena ini memang dikembangkan oleh Samsung sendiri.

Oh ya perbedaan antara infinity displaynya Samsung Galaxy A8 dengan S8 itu kalau S8 lebih penuh layarnya, jadi terlihat gak ada bazelnya, sedangkan untuk yang A8 masih terlihat sedikit bazelnya. Jadi lebih cantik punya S8 untuk bagian ini. Tapi overall untuk bagian layar masih beda-beda tipislah kualitasnya dengan S8.

#Sektor Performa

Selanjutnya kita lihat spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018 dari segi performanya. Nah Samsung A8 2018 ini dibekali dengan dapur pacuĀ Exynos 7885 dengan processorĀ Octa-core (2×2,2 GHz Cortex-A73 & 6×1,6 GHz Cortex-A53). Oh ya bagi yang belum tahu, jadi Exynos 7885 ini setara dengan Snapdragon 660. Sedangkan untuk mesalah pengolahan grafis, Samsung A8 2018 ini dihandel olehĀ Mali-G71.

Untuk menjalankan kinerjanya, Galaxy A8 2018 dibekali RAM sebesar 4GB dengan internal storage 32GB. Cukup disayangkan memang dengan harga segitu hanya mendapat internal 32GB saja. Namun jika kekurangan space, masih bisa ditambah dengan Micro-SD hingga 256GB.

Untuk sistem operasinya masih menggunakan Android 7.1.1 (Nougat), cukup disayangkan ya, mungkin kedepannya akan ada update, kita tunggu saja.

Terdapat banyak kustomisasi yang bisa kita lakukan seperti misalnya mengganti letak tombol capacitive, mengatur display layar dan masih banyak lagi.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan sensor fingerprint untuk membuka kamera dengan cepat menggunakan gesture tertentu. Ada juga fitur split screen yang memungkinkan kita untuk menjalankan 2 aplikasi sekaligus dalam 1 layar.

Tidak ketinggalan dan menjadi salah satu keunggulan smartphone Samsung, ya Bixsby AssistantĀ yang bisa digunakan untuk mencari tahu informasi suatu objek dengan cara memfotonya.

Untuk menjalankan segala aktivitasnya, Samsung A8 2018 ini dibekali dengan baterai dengan kapasitas 3000mAh, tidak terlalu besar memang, namun menurut beberapa informasi yang saya dapatkan dari beberapa sumber performa baterainya cukup baik.

Walaupun tidak terlalu besar, namun A8 ini sudah support dengan fast charging dan hanya membutuhkan waktu 1.5 jam untuk mengecas hingga penuh. Samsung A8 2018 ini belum support wireless charging ya.

Walaupun spesifikasinya terbilang tidak terlalu wah atau terkesan mahal jika dibandingkan dengan range harga serupa, namun nyatanya performanya sangat-sangat baik. Jadi untuk masalah performa tidak hanya berdasarkan spesifikasi yang gahar saja, melainkan optimasi juga, dan itu ada pada Samsung Galaxy A8 2018 ini.

Selain sensor sidik jari, Samsung Galaxy A8 2018 ini juga sudah memiliki fitur Facial Recognition sehingga kita dapat membuka layar dengan wajah. Namun performanya tidak secepat yang sidik jari ya. Keunggulan lain yaitu Samsung Galaxy A8 2018 ini Water & Dust Resistant.

Untuk bagian speaker, selain peletakannya yang menurut saya sangat tepat, juga kualitas suaranya sangat bagus.

Intinya untuk bagian performa ini walaupun spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018 ini tidak terlalu wow dibanding spek lain dengan harga serupa, namun untuk masalah performanya sangat-sangat baik dan responsive.

Oh ya hampir ketinggalan, untuk kelengkapan sensornya sendiri sudah lengkap ya, untuk lebih lengkapnya silahkan cek lagi tabel spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018 diatas.

#Sektor Kamera

Untuk review bagian kamera ini, saya mengambil sumber dari channel Youtube luar negeri yaitu TechLineHD, jadi ini bukan menurut saya ya.

Jadi berdasarkan review yang dia lakukan, performa kamera Samsung Galaxy A8 2018 ini terbilang sangat baik. Terutama untuk kamera depan yang merupakan dual camera dengan resolusiĀ 16 MP + 8 MP, f/1.9, 1080p. Hasil gambarnya cukup bagus. Untuk kamera depan tidak dilengkapi dengan LED flash, melainkan hanya dibantu dengan Screen Flash.

Oh ya untuk yang ingin HP dengan kamera selfie bagus dan harganya lebih murah dari ini, sobat bisa memilih Oppo F5, nah silahkan simak review dan Spesifikasi Oppo F5 dan F5+

Sedangkan untuk kamera belakang memiliki resolusiĀ 16 MP, f/1.7, phase detection autofocus, LED flash. Hasil gambarnya juga sangat-sangat bagus, tidak perlu diragukan lagi deh pokoknya. Sedangkan untuk bagian perekaman kamera belakangnya ini belum support perekaman hingga 4K ya, dan berdasarkan hasil perekaman yang saya lihat, terkadang autofocusnya bekerja kurang optimal yang membuat hasil rekaman menjadi kurang bagus.

Namun kedepannya mungkin akan ada perbaikan ya dari segi softwarenya. Overall untuk hasil jepret menjepret gak usah diragukan lagi deh.

Harga Samsung Galaxy A8 2018 Terbaru

Harga Samsung Galaxy A8 2018

Banyak yang bilang dengan spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018 yang saya sebutkan tadi, dibilang overprice, memang berapa sih harga Samsung Galaxy A8 2018 ini? Nah sebelumnya saya kasih info sedikit kalau smartphone ini sudah resmi rilis di Indonesia, jadi harga yang saya tampilkan dibawah ini harga resmi ya. Silahkan lihat

 
Harga Baru
Samsung Galaxy A8 2018
Rp.6.499.000
Samsung Galaxy A8+ 2018
Rp.7.920.000
Cek Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Plus 2018
HP Lain Harga Serupa? Cek: Smartphone Android Harga 6 Jutaan

Cek harga terkini melalui link berikut Harga Samsung Galaxy A8 2018 Lazada

Nah itu dia harga Samsung Galaxy A8 2018 terbaru, saya juga sudah menyediakan perbandingan dengan yang versi plus, terlihat kalau harganya terlampau cukup jauh ya. Jadi menurut sobat pilih yang A8 atau A8+? Tulis dikolom komentar ya…

Kalau saya sih mending pilih yang A8 ya, karena perbedaannya hanya ada pada kapasitas RAM, internal, baterai dan ukuran layarnya saja, selebihnya sama. Lagian performanya juga sudah sangat baik.

Tapi kalau memang budget sobat lebih, mending beli yang Samsung Galaxy S8 sekalian dibanding dengan yang Samsung Galaxy A8+ 2018.

Kesimpulan

Nah kita berada dibagian akhir artikel ini nih. Kita ulas secara singkat apa yang sudah saya paparkan diatas mengenai spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018 diatas. Kira-kira layak untuk dibeli atau tidak ya, berikut ini saya tampilkan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A8 2018.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 2018
KelebihanKekurangan
Desain kekinian dan sangat premiumKapasitas internal kecil untuk range harga segitu
Layar Super Amoled dan Infinity DisplayTidak support wireless charging
Performa untuk gaming sangat baikHasil perekaman terkadang autofocusnya kacau
Non HybridHarga menurut saya terlalu mahal
Sensor lengkap, termasuk Gyroscope dan Barometer
Water and Dust Resistant
Kamera hasilnya sangat bagus
Kaya akan fitur seperti split screen, bixsby assistant, dan lainnya
Daya tahan baterai cukup baik
Terdapat fitur Face Recognition

Sekian artikel dari saya mengenai spesifikasi Samsung Galaxy A8 2018 dan harganya, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share artikel ini ke sobat yang lain ya. Oh ya menurut sobat dengan harga Samsung Galaxy A8 2018 diatas kira-kira layak untuk dibeli atau tidak? jangan lupa tulis dikolom komentar ya šŸ™‚

2 Comments

Leave a Reply