Spesifikasi OPPO A39 dan Harganya Update November 2018 [Layak?]

Hobi selfie dan foto-foto?, mau punya smartphone yang bisa mendukung hal itu dan punya budget tidak lebih dari 3 juta? Saya punya solusinya untuk Anda. Kali ini saya akan mengulas spesifikasi Oppo A39 dan harganya terbaru.

Oppo memang tidak henti-hentinya berinovasi dalam sektor smartphone, terutama pada bagian Camera Phone yang menjadi fokus utama Brand asal Tiongkok ini. Salah satu buktinya ada pada smartphone Oppo A39 ini.

Meskipun terbilang smartphone jadul yang sudah rilis sekitar 1 tahun yang lalu, namun nyatanya smartphone Flagship Oppo ini masih bisa bersaing dengan gadget-gadget terbaru dengan range harga yang sama.

Walaupun nilai jual utamanya berada di sektor kamera, Oppo tidak memandang sebelah mata sektor lain seperti performa, desain dan juga fitur-fiturnya, biasanya sebuah smartphone akan mengorbankan banyak sektor untuk menampilkan keunggulan salah satu sektor saja, tapi itu tidak saya temui pada seri Oppo A39 ini.

Semua sektor sepertinya diperhatikan betul-betul oleh Oppo demi kenyamanan para penggunanya. Nah pasti penasarankan seperti apa review Oppo A39 dan harganya? Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi Oppo A39 Berbagai Sektor

Spesifikasi Oppo A39 Lengkap

Dimensi, Berat & Warna
Tinggi149.1 mm
Lebar72.9 mm
Berat147 gram
Ketipisan7.65 mm
WarnaGold dan Rose Gold
Dapur Pacu
ChipsetMediatex MT6750
CPUOcta-Core 1.5 GHz Cortex-A53
OSColorOS 3.0, based on Android 5.1 (Lollipop)
GPUMali-T860 MP2
Penyimpanan
RAM3 GB
Internal32 GB
EksternalUp to 256 GB
Kamera
Kamera Belakang (Rear Camera)13-megapixel
Kamera Depan (Front Camera)5-megapixel
FlashLED Flash
FiturAperture f/2.0, autofocus, LED flash, 1/3.2" sensor size,Aperture f/2.0, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, beauty, timelapse, UltraHD, Expert Mode 1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama
Video1080p@30fps (B)
720p@30fps (D)
Baterai
TipeNon-removable Li-Ion 2900 mAh
Jaringan
Tipe SIM CardDual Nano-SIM Cards
GPSAda
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta warna
Luas5.2 inches
ResolusiHD (1280 by 720 pixels)
PelindungGorilla Glass 4
Data
KecepatanHSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP
USBmicroUSB V2.0
OTGBisa
NFCTidak
Audio
Fitur ringtonesVibration, MP3, WAV
Jack3.5 mm Jack Audio
LoudspeakerYa
Sensor
AccelerometerAda
ProximityAda
GyroscopeAda
CompassAda
FingerprintTidak Ada
Light SensorAda
Lainnya
BrowserHTML5
Dalam Box
OPPO A39
Micro USB cable
Charger
Earphones
SIM ejector tool
Buku Panduan dan Kartu Garansi
Bandingkan Dengan: Spesifikasi Hp Oppo A37 || Update November 2018

Nah itu dia spesifikasi Oppo A39 lengkap, selanjutnya saya akan membahas review dari smartphone Oppo A39 ini, simak ulasan dari saya berikut ini.

Review Oppo A39 Lengkap

Harga Oppo A39 Terbaru

#Sektor Kamera

Nah karena fokus utama dari smartphone ini adalah bagian kameranya, maka kita akan mengulasnya terlebih dahulu.

Kamera Oppo A39 ini memiliki resolusi 13 megapixel untuk kamera utamanya dan 5 megapixel untuk kamera selfie.

Walaupun tidak terlalu wow, tapi jangan anggap remeh karena gambar yang dihasilkan cukup jernih dan natural untuk kondisi cukup cahaya dan lebih bagus dari smartphone merk lain yang memiliki resolusi yang sama, sobat tahu sendiri kan smartphone merk apa hehehehe

Untuk kamera depan terdapat mode beauty dan pilihan filter yang cukup banyak, bisa tuh pilih-pilih sesuai keinginan. Namun Kamera Depan Oppo A39 ini tidak dilengkapi LED flash, namun Oppo menggantikannya dengan adanya Screen Flash.

Tapi walaupun begitu jika selfie di kondisi kurang cahaya gambar yang dihasilkan kurang bagus ya karena banyak noise.

Kamera depan dapat merekam hingga resolusi HD 720p dan hasil rekamannya cukup bagus.

Nah sekarang kita beralih ke kamera belakang dari Oppo A39 ini. Memiliki resolusi 13 megapixel, kamera ini sangat bisa diandalkan untuk mengabadikan momen-momen sobat karena gambar yang dihasilkan cukup jernih. Jadi gak perlu lagi deh nenteng-nenteng kamera berat lagi.

Terdapat berbagai mode, seperti mode beauty, panorama, timelapse, UltraHD, expert mode dan lainnya.

Untuk mode beauty tidak usah ditanya lagi ya, memang Oppo ini jagonya. Beauty mode Oppo kian hari memang kian membaik dan semakin natural, tidak lebay seperti mode beauty merk lain.

Ada juga mode UltraHD yang katanya memungkinkan kita mengambil gambar dengan resolusi 50 megapixel.

Jika kamu punya settingan kamera sendiri, Oppo A39 telah menyediakan mode expert yang mana kamu bisa mengatur ISO dan lainnya.

Kamera belakang Oppo A39 mampu merekam hingga resolusi Full HD 1080p di 30 fps. Nah intinya untuk sektor kamera ini memang Oppo membangunnya dengan sangat baik dan memang ditujukkan untuk para pecinta foto dan selfie.

#Sektor Desain

Untuk desain biasa aja ya, tidak ada yang spesial. Seperti versi-versi sebelumnya, desain Oppo A39 ini juga mirip-mirip dengan iPhone. Ini terinspirasi atau sengaja menjiplak ya hehehe?

Tapi menurut saya kece kok desainnya, keren dan kesan premiumnya dapet. Terlihat sekilas kalau body dari smartphone ini terbuat dari metal, namun ternyata bodynya terbuat dari bahan Magnesium Aluminium Alloy yang dibuat mirip seperti metal.

Pada bagian depan, terdapat tombol capacitive dibagian bawah seperti biasa, namun sayangnya tidak dilengkapi dengan backlight, jadi terkadang kita akan menemui masalah salah menekan tombol.

Pada bagian atas terdapat LED notifikasi yang berwarna putih yang mana kurang begitu terlihat karena desain bagian depan ini memiliki warna putih bersih juga.

Oh ya btw terdapat 2 pilihan warna Oppo A39 yang bisa sobat pilih yaitu Gold dan Rose Gold.

Tombol power terletak disebelah kanan sedangkan untuk volume atas dan bawah terletak disebelah kiri. Untuk lubang speaker, lubang charger, dan jack audio terletak dibagian bawah semua. Jadi untuk bagian atas polos tidak ada lubang sama sekali.

Peletakan jack audio dibawah menurut saya tidak begitu nyaman ya, kek gimana gitu. Apa karena sering memakai smartphone yang lubang jacknya diatas ya? Entah lah hehehehe

Oh ya hampir kelewat, ukuran Oppo A39 149.1 X 72.9 X 7.65 mm dengan berat 147 gram.

Nah itu dia ulasan untuk sektor desain, terdapat keunggulan juga kekurangan pada sektor ini.

#Sektor Layar

Selanjutnya kita bahas sektor layar Oppo A39 ini. Membawa layar dengan tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna dengan rentang layar 5.2″.

Dengan layar segitu saya rasa penggunaan satu tangan tidak terlalu nyaman ya untuk sobat yang punya tangan kecil seperti saya. Namun untuk sebagian orang cukup pas lah.

Layarnya sudah beresolusi HD, jadi sangat cocok untuk kamu yang hobi nonton film atau bermain game HD.

Selain itu, layar dari Oppo A39 ini sudah dilindungi dengan kaca Corning Gorilla Glass 4 sehingga akan meminimaslisir goresan yang mungkin terjadi.

Desain layar sedikit melengkung 2.5D yang membuatnya terlihat premium, saya suka dengan lengkungan ini karena terlihat unik menurut saya.

Namun karena bagian sampingnya agak melengkung, membuat kita tidak bisa sembarangan memilih pelindung layar karena tidak semua cocok. Saran saya belilah yang original sesuai dengan tipenya.

#Sektor Performa

Dengan kamera yang bagus, desain yang keren, nah bagaimana dengan spesifikasi Oppo A39 pada sektor performanya? Mari kita bahas.

Oppo A39 ini dibekali dengan dapur pacu besutan Mediatex MT6750 dengan processor Octa-Core 1.5 GHz berarsitektur Coretex-A53. Untuk masalah pengolahan grafis, smartphone ini didukung dengan GPU Mali-T860 MP2.

Bandingkan spesifikasi Oppo A39 dengan Spesifikasi Oppo A37 dengan spek yang tidak jauh beda. Oppo A37 vs Oppo A39.

Untuk menjalankan berbagai proses, Oppo A39 ini juga dibekali dengan RAM yang cukup besar, yaitu 3GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB. Kita juga masih bisa menambahkan slot Micro-SD hingga kapasitas 256GB.

Jadi untuk menyimpan foto-foto dan data-data yang gede gak usah khawatir akan kehabisan ruang ya. Oh ya slotnya bukan hybrid ya, jadi sobat bisa memasang 2 SIM card dan Micro-SD sekaligus.

Pada tes benchmark, Oppo A39 ini berhasil menyentuh angka 40.000 an yang mana bisa dibilang cukup bagus untuk smartphone dikelasnya.

Walaupun membawa spek yang gahar, namun untuk kapasitas baterai menurut saya masih kurang ya. Oppo A39 ini hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 2900 mAh dan belum mendukung pengisian cepat atau fast charging.

Tentu ini menjadi masalah untuk sobat yang suka berlama-lama nge-game karena harus membawa powerbank kemana-mana agar tetap bisa bermain.

Namun untuk penggunaan normal seperti social media dan game-game ringa, daya yang dikeluarkan cukup irit ya, hal itu karena OS yang ditanamkan pada smartphone ini.

Ya Oppo A39 ini menggunakan sistem operasi ColorOS v3 berbasis Android 5.1 (Lollipop) yang digadang-gadang pada smartphone ini dapat menghemat penggunaan daya.

ColorOS memungkinkan kita untuk melakukan kustomisasi seperti mengganti theme, mengganti font dan masih banyak lagi.

Kesimpulan untuk sektor performa, jadi Oppo A39 ini sangat bisa diandalkan untuk menunjang berbagai aktivitas kita yang melibatkan smartphone. Multitasking lancar abis, main game HD bukan masalah, namun masalahnya hanya di kapasitas baterai yang seharusnya bisa lebih besar lagi.

#Info Lainnya

Info tambahan, jadi Oppo A39 ini sudah support 4G dikedua slot simnya. Terdapat fitur-fitur yang bermanfaat seperti misalnya Gesture Motion dan Double Tap.

Fitur Gesture Motion memungkinkan kita untuk membuka aplikasi-aplikasi tertentu dengan cepat dalam keadaan layar mati. Caranya kita tinggal membentuk pola huruf sesuai dengan aplikasi apa yang ingin kita buka.

Ada juga fitur Double Tap, menurut saya ini sangat berguna ya mengingat Oppo A39 ini tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari atau fingerprint, jadi kalau mau menghidupkan layar kita tinggal tap 2x saja maka layar akan menyala.

Untuk bagian speaker menurut yang saya dengar kurang begitu keras ya ketika di outdoor. Masih terdengar sih tapi seharusnya untuk smartphone dengan range harga segini seharusnya speakernya bisa jauh lebih baik lagi.

Harga Oppo A39 Terbaru

Spesifikasi Oppo A39 Beserta Harga

 

Untuk harga dari Oppo A39 sendiri silahkan lihat pada tabel dibawah ini ya.

Harga Oppo A39 Baru
Harga Oppo A39 Bekas
Rp.2.599.000
-

Cek juga hp Oppo harga harga serupa di CekSpek.com ya sob…

Harga tersebut diambil dari situs Lazada. Harga sewaktu-waktu bisa berubah, untuk tahu harga terkininya bisa klik link berikut: Update Harga Oppo A39 Lazada.

Menurut sobat, dengan spesifikasi Oppo A39 dan harga segitu masih layakkah Oppo A39 ini kita beli di tahun 2018 ini? Tulis pendapat sobat dikolom komentar ya sob.

#Kesimpulan

Nah untuk lebih meyakinkan sobat semua untuk membeli atau tidak membeli Oppo A39 ini, berikut ini saya berikan kelebihan dan kekurangan Oppo A39. Silahkan disimak.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A39
KelebihanKekurangan
Kamera belakang jernih, mampu merekam hingga full HDBaterai hanya 2630 mAh dan tidak fast charging
Kamera depan menghasilkan gambar yang tajam dan naturalTidak ada LED notifikasi
Desain keren dan nyaman digenggam dengan satu tanganTidak ada fingerprint sensor
Layar sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 4Tidak ada sensor Gyroscope jadi tidak bisa buat VR
Layar tajam, enak untuk nonton film dan main game

Sekian artikel dari saya tentang spesifikasi Oppo A39 beserta harganya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke sobat yang lainnya ya dan berlangganan agar tidak ketinggalan info update harga gadget terbaru lainnya.

Leave a Reply