Harga Hp Oppo A83 2018 dan Spesifikasi: CUMA GAHAR DI KAMERA?

Satu lagi produk terbaru Oppo di awal tahun 2018 yang memiliki spesifikasi dan harga cukup menarik. Hai sobat CekSpek.com semua, kali ini saya akan berbagi informasi tentang spesifikasi dan harga Oppo A83 untuk sobat semua.

Smartphone ini ketika saya menulis artikel ini belum resmi rilis di Indonesia, namun mungkin kedepannya akan dirilis juga mengingat Indonesia menjadi salah satu pangsa pasar gadget terbesar yang cukup menggiurkan tentunya.

Belum dirilisnya hp ini mungkin karena sedang gencar-gencarnya promosi untuk salah satu produk terbaik mereka yaitu Oppo F5 yang sekarang ini sedang cukup trending di Indonesia.

Membawa spesifikasi yang cukup gahar, namun mengorbankan salah satu fitur utama, nah penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan Oppo A83? Silahkan simak spesifikasi Oppo A83 melalui tabel dibawah ini.

Spesifikasi Oppo A83 Lengkap

Harga Oppo A83 Terbaru

Dimensi, Berat & Warna
Tinggi150.5 mm
Lebar73.1 mm
Ketipisan7.7 mm
Berat143 gram
WarnaChampagne, Black
Dapur Pacu
ChipsetMediatek MT6763T Helio P23
CPUOcta-core 2.5 GHz Cortex-A53
OSColorOS 3.2 Based On Android 7.1 (Nougat)
GPUMali-G71 MP2
Penyimpanan
RAM3 GB/4 GB
Internal32 GB
EksternalUp to 256 GB
Kamera
Kamera Belakang (Rear Camera)13 MP, f/2.2
Kamera Depan (Front Camera)8 MP, f/2.2
FlashLED Flash
FiturGeo-tagging, autofocus, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video1080p@30fps
Baterai
TipeNon-removable Li-Ion 3180 mAh
Jaringan
Tipe SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
GPSAda
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Luas5.7 inches, 83.8 cm2 (~76.2% screen-to-body ratio)
ResolusiHD+ (720 x 1440 pixels, 18:9 ratio (~282 ppi density)
)
Pelindung-
Data
KecepatanHSPA, LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
USBmicroUSB V2.0
OTGBisa
NFC-
Audio
Fitur ringtonesVibration, MP3, WAV
Jack3.5 mm Jack Audio
LoudspeakerYa
Sensor
AccelerometerAda
ProximityAda
GyroscopeAda
CompassAda
FingerprintTidak Ada
Light SensorAda
MagneticAda
Lainnya
BrowserHTML5
Dalam Box
OPPO A83
Micro USB cable
Charger
Earphones
SIM ejector tool
Case
Buku Panduan dan Kartu Garansi
Daftar Hp Brand Oppo Lainnya

Nah itu dia spesifikasi Oppo A83. Spesifikasinya cukup gahar dan mumpuni, namun seperti yang sobat lihat terdapat fitur utama yang dihilangkan yaitu pemindai sidik jari atau fingerprint sensor.

Ya tidak seperti hp-hp terbaru sekarang ini yang menjadikan fingerprint sebagai fitur utama atau fitur yang harus ada, namun di Oppo A83 ini malah dihilangkan.

Tapi fitur tersebut diganti dengan facial unlock, ya Oppo A83 ini sudah support pemindai wajah untuk mengunlock hp ini. Namun apakah kerjanya lebih cepat jika dibandingkan dengan fingerprint sensor, mengingat beberapa smartphone dengan teknologi ini masih memiliki kekurangan yaitu kurang efektif dikondisi kurang cahaya, lantas bagaimana dengan Oppo A83 ini?

Saya sendiri belum tahu jawabannya karena belum ada banyak sumber yang mengulas tentang ini, kedepannya mungkin akan saya update artikel ini agar lebih jelas dan lengkap lagi.

Sekarang kita ulas sedikit Oppo A83 dari berbagai sisi, silahkan cek review Oppo A83 dibawah ini.

Review Oppo A83 Semua Lini

Spesifikasi Oppo A83 Lengkap

#Sektor Desain

Hal pertama yang akan kita bahas adalah desain Oppo A83. Silahkan lihat gambar Oppo A83 diatas terlebih dahulu ya.

Memiliki desain yang kekinian yaitu memiliki aspek rasio 18:9 yang membuatnya terlihat lebih kece karena bazelnya yang cukup tipis.

Karena layarnya memiliki rasio 18:9 membuat sobat tidak akan menemukan tombol capacitive karena sudah terdapat didalam layarnya yang membuatnya menjadi semakin luas. Mantep banget untuk nonton film atau main game.

Memang sekarang ini banyak bermunculan smartphone dengan rasio 18:9, kedepannya mungkin akan menjadi trend baru desain gadget.

Oppo A83 memiliki dimensi sebesar 150.5 x 73.1 x 7.7 mm dengan berat 143 gram. Dimensi segitu menurut saya masih cukup nyaman untuk digunakan atau dioperasikan dengan satu tangan.

Untuk bodynya sendiri terbuat dari bahan aluminium yang membuatnya semakin terkesan premium ya. Penggunaan bahan aluminium dirancang agar panas yang dihasilkan dapat dibuang dengan cepat, jadi hp tidak akan terlalu panas saat digunakan lama.

Tampilannya memang cukup minimalis dan kece baik untuk bagian depan maupun belakang. Untuk kamu yang suka desain minimalis atau sederhana, maka Oppo A83 ini sangat cocok untuk kamu. Apalagi untuk varian yang warna hitam akan terlihat elegan dan mewah. Kece deh pokoknya.

Oh ya ngomongin tentang warna, Oppo A83 ini memiliki 2 varian warna yaitu Black dan Champagne Gold. Kalau saya sendiri milih yang warna hitam karena terkesan lebih mewah menurut saya. Menurut saya lho sob!

Oke selanjutnya kita bahas peletakan tombol, kamera, sensor dan lainnya yang ada di Oppo A83 ini.

Dimulai dari bagian depan, sobat akan menemukan kamera, sensor proximity, earpiece. Untuk tombol capacitive ada didalam layar ya, jadi akan membuat layarnya lebih luas. Tapi walaupun terlihat luas, namun nyatanya tidak terlalu besar untuk digenggam dengan satu tangan.

Selanjutnya kita lihat bagian belakang. Disini sobat hanya akan menemukan kamera, LED flash, dan Logo Oppo tanpa ada tambahan garis horisontal seperti pada kebanyakan hp Oppo lainnya. Desain seperti ini menurut saya malah terlihat kece, jadi sayang banget kalau kita pasangin case karena akan menutupi kecantikan desainnya.

Selanjutnya pada bagian samping kanan sobat akan menemukan tombol power dan SIM tray dimana untuk slot Micro-SD ini dedicated slot ya, jadi non hybrid. Artinya sobat bisa memasang Dual SIM dan Micro-SD sekaligus. Sedangkan untuk bagian kiri sobat hanya akan menemukan tombol volume saja.

Beralih kebagian atas, disana sobat tidak akan menemukan port atau lubang apa-apa, alias bersih dan kosong. Sedangkan untuk bagian bawah sobat akan menjumpai speaker, micro USB port, microphone, dan lubang jack 3.5mm audio port.

Intinya untuk bagian desain kece dan kekinian banget. Cocok sekali untuk kamu yang suka dengan estetika desain, terutama untuk desain smartphone. Bagaimana kalau menurut sobat gambar Oppo A83 diatas? Tulis dikomen ya 🙂

#Sektor Layar

Berlanjut ke bagian spesifikasi Oppo A83 sektor layar. Memiliki bentang layar 5.7 inches dengan resolusi HD+ 720 x 1440 pixels membuat layarnya terlihat luas, apalagi tombol capacitivenya yang on screen, selain itu gambar yang dihasilkan cukup jernih. Oh ya untuk tipe layar Oppo A83 ini yaitu IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Walaupun bentang layarnya cukup luas, namun untuk pengoperasian satu tangan saya rasa masih sangat nyaman. Hal itu karena bazel yang tipis dan rasio 18:9 yang diterapkan pada Oppo A83 ini. Selain itu, layarnya juga didesain agak melengkung pada bagian sampingnya agar feel saat dipegang menjadi lebih nyaman.

Dengan layar yang luas dan resolusi yang sudah HD+, membuat aktivitas multimedia akan terasa sangat mengesankan, apalagi untuk nonton film atau main game.

Untuk pelindung layarnya sendiri tidak disebutkan secara pasti apa screen protector yang digunakan pada Oppo A83 ini, namun pada paket pembelian sudah terpasang pelindung layar bawaan dan juga sobat akan mendapatkan softcase bening pada kardus.

#Sektor Kamera

Nah selanjutnya kita ulas spesifikasi hp Oppo A83 untuk sektor kamera. Oppo A83 ini menyematkan kamera beresolusi 13 MP, f/2.2 dengan LED Flash untuk kamera utama dan 8 MP, f/2.2 dengan Screen Flash untuk kamera selfienya.

Oh ya untuk kameranya sudah menggunakan teknologi A.I. Beautification Technology atau kecerdasan buatan sama seperti yang ada pada Oppo F5 series. Tentu untuk hasil gambarnya tidak usah diragukan lagi.

Menurut review yang dibuat oleh Yugatech.com (CEK HASIL GAMBARNYA DI LINK INI) kualitas gambar cukup bagus untuk range harga yang sama. Detailnya cukup bagus namun untuk kondisi kurang cahaya masih ditemukan noise. Untuk kondisi cukup cahaya, menghasilkan gambar dengan warna yang tajam, kontras yang lumayan dan dynamic range yang baik.

Seperti layaknya fitur A.I yang ada pada Oppo F5, hasil selfie akan disesuaikan dengan umur, gender, dan jenis kelamin. Jadi A.I ini dapat mengidentifikasi antara cewek dan cowok sehingga hasil jepretannya nanti akan terlihat semakin natural.

Hasil gambarnya berdasarkan yang saya lihat cukup bagus dan layak untuk dipajang di Sosmed-Sosmed kesukaan sobat tentunya.

Untuk perekaman videonya sendiri, Oppo A83 mampu merekam hingga resolusi Full HD di 30fps. Hasil perekaman videonya agak berguncang karena tidak adanya video stabilization dan autofocus terkadang melompat-lompat, namun kualitasnya masih cukup baik ditambah kualitas suaranya juga cukup baik.

Untuk yang penasaran dengan hasil perekaman videonya, silahkan cek video dibawah ini.

#Sektor Performa

Berlanjut ke spesifikasi Oppo A83 bagian performa. Dibekali dengan processor MediaTek MT6763T Helio P23 2.5GHz octa-core dan pengolahan grafis Mali-G71 MP2 GP. Bagi yang tidak tahu Helio P23 itu setara dengan Snapdragon apa jadi Helio P23 itu setara dengan Snapdragon 625. Processor yang digunakan sama dengan Oppo F5 series yang sebelumnya sudah pernah kita review.

Cek juga Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1 yang menggunakan Snapdragon 625.

Untuk kapasitas RAM sendiri ada 2 versi ya, untuk yang versi China memiliki RAM 4GB, sedangkan untuk yang sudah rilis di India memiliki RAM 3GB, internalnya sama yaitu 32GB dan dapat ditambah dengan Micro-SD hingga kapasitas 256GB.

Untuk yang masuk ke Indonesia sendiri belum ada kabar yang jelas ya apakah yang versi RAM 4GB atau 3GB, kita tunggu saja kedepannya. Oppo A83 ini berjalan di UI ColorOS 3.2 berbasis Android 7.1 (Nougat).

Saat dites dengan aplikasi Antutu Benchmark menghasilkan angka 67.000 an, jadi untuk masalah kebut mengebut bisa diandalkan lah si Oppo A83 ini. Untuk multitasking dan main game saya rasa bukan hal yang berat untuk smartphone ini.

Untuk masalah daya, Oppo A83 ini hadir dengan baterai berkapasitas 3180mAh yang menurut saya pribadi terbilang kecil ya mengingat banyak hp-hp lain yang sekarang ini sudah menggunakan kapasitas 4000 an. Yang disayangkan lagi, Oppo A83 ini belum mendukung fitur fast charging, jadi untuk mengisi daya membutuhkan waktu hingga 2 jam lebih.

Selanjutnya berbicara tentang masalah kelengkapan sensor, Oppo A83 ini cukup lengkap ya, termasuk sensor Gyroscope. Namun cukup disayangkan karena sensor sidik jari absen pada hp ini, saya sendiri tidak tahu kenapa kok fingerprint ini dihilangkan.

Mungkin jawabannya karena adanya fitur Facial Unlock ya, jadi sebagai ganti dari fingerprint, kita bisa membuka layar dengan wajah kita. Namun saya sendiri belum tahu ya performanya saat kondisi kurang cahaya. Kalau untuk hp-hp Oppo sebelumnya yang menggunakan fitur ini seperti Oppo F5 series, saat kondisi kurang cahaya kinerjanya kurang optimal.

Nah itu dia pembahasan spesifikasi Oppo A83 untuk sektor dapur pacu dan performanya. Menurut sobat, berapa kira-kira harga yang akan dibandrol untuk Oppo A83 ini? Daripada penasaran, silahkan cek tabel harga Oppo A83 dibawah ini ya.

Harga Oppo A83 Terbaru

Harga hp Oppo A83

Untuk yang penasaran dengan harga Oppo A83 ini, silahkan cek tabel dibawah ini ya

Harga Oppo A83 (3GB RAM)
Rp.2.299.000
HP Lain Harga Serupa? Cek: Smartphone Android Harga 3 Jutaan
Harga Oppo F5 Youth (3GB RAM)
Rp.Rp.3.599.999
Cek Spesifikasi Oppo F5 Youth Lengkap
Harga Oppo F5 (4GB RAM)
Rp.3.999.999
Cek Spesifikasi Oppo F5 dan F5+ Lengkap
Harga Oppo F5+ (6GB RAM)
Rp.5.099.000

Cek juga Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus yang memiliki harga yang hampir sama

Nah itu dia harga Oppo A83, saya juga sudah membandingkan harga Oppo A83 ini dengan harga seri Oppo lainnya yang memiliki spesifikasi atau harga yang hampir sama, jangan lupa dicek juga ya 🙂

Nah itu dia artikel tentang spesifikasi dan harga Oppo A83 terbaru, semoga bermanfaat dan jangan lupa cek spesifikasi smartphone lainnya hanya di CekSpek.com, terima kasih 🙂

Leave a Reply